Kompas.com Mobile : Cara Baru Baca Koran

on 24 Januari 2009

Kalau bicara tentang koran, kita sebagai young generations-nya Indonesia pasti akan terbayangkan tumpukan kertas-kertas yang full text, yang berisi informasi politik, dan yang pasti membosankan. Bahkan tidak sedikit yang beranggapan kalau baca koran hanya untuk para orang tua dan manula saja.
Tapi, apa benar citra koran di mata muda-mudi Indonesia sudah begitu buruk? Saya rasa tidak, karena pasti ada tipe remaja yang menyukai bahkan membutuhkan koran. Jujur, saya sendiri juga suka membaca koran, apalagi bagian olah raga.
Namun, adakah di antara kita yang mengetahui kenapa para muda-mudi Indonesia tidak menyukai media yang mengandalkan kertas ini? Mungkin, salah satu alasannya dari segi kepraktisan. Banyak dari kita tidak suka koran karena kertas yang dipakai terlalu besar, berbeda dengan majalah favorit yang lebih kecil, rapi, dan full color. Ada juga yang merasa image-nya akan jatuh jika membaca koran. Waduh...ada-ada saja.
Berangkat dari sini, Kompas sebagai salah satu koran harian terkemuka di Indonesia meluncurkan koran dalam bentuk digital, dan diberi nama Kompas.com. Mereka “menghidupkan kembali” Kompas Cyber Media (KCM) yang belakangan kurang menggema.
Namun, ini tidak serta merta membuat kaum muda-mudi jadi ingin membaca koran. Karena Kompas.com awalnya berupa website yang lazimnya diakses memakai browser di PC. Masalahnya, apakah mau mereka yang ber-negative thinking duduk manis di depan komputer atau laptopnya hanya untuk membaca koran digital ? Tentu saja tidak. Maka dari itu, pengelola Kompas.com meluncurkan Kompas.com mobile version. Maksud dari mobile version adalah dapat diakses melalui mobile gadgets kita, seperti hand phone. Tinggal ketikkan m.kompas.com di browser HP favorit kamu, kamu sudah bisa membaca koran di HP kamu. Nah, kalau begitu kan lebih keren. Lagipula, tidak ada yang tahu kalau yang kita lakukan itu adalah membaca koran. Dengan begitu, kita bisa membaca koran kapan saja dan dimana saja, sesuai keinginan kita.
Memangnya ada apa dengan Kompas.com mobile ini ? Seperti koran biasanya, kita akan mendapat informasi terbaru tentang apa saja yang terjadi di dunia ini. Juga dilengkapi dengan waktu penulisan berita (dalam format jam) dan pembagian berita menurut kategori. Rubrik-rubrik yang tersedia antara lain
1. Nasional
2. Regional
3. Internasional
4. Megapolitan
5. Bisnis & Keuangan
6. Kesehatan
7. Olah Raga
8. Perempuan
9. Properti
10. Sains
11. Travel
12. Oase
Bagi yang mengikuti perkembangan olah raga (khususnya sepak bola), bisa memilih menu Bola di bagian paling bawah dari tampilan situs. Di samping itu, juga tersedia info dari IT atau teknologi dan otomotif. Bahkan, kita bisa mengetahui dan membaca koran yang terbit hari itu di bagian Cetak (masih di bagian bawah juga). Manfaatnya, sebelum yang versi membosankan (media kertas maksudnya) berada di tangan kita, informasi yang ada di koran kertas itu telah kita ketahui, sehingga kita bisa lebih dahulu mengetahui isi koran daripada orang tua kita!
Kelebihan lainnya, situs ini 100 % gratis, free ads (tidak seperti koran biasanya yang selalu disesaki iklan), dan murah, karena per berita yang kita baca biasanya hanya berukuran di bawah 5 Kb (dengan syarat tidak memunculkan gambar). Kompas.com mobile juga cocok buat para profesional yang mobile dan tidak punya waktu ruang untuk membaca koran konvensional (koran umum).
Mau tahu lebih tentang Kompas.com mobile ? Silahkan cek sendiri di m.kompas.com.

0 komentar:

Posting Komentar