Penemuan Kepurbakalaan 2008

on 24 Januari 2009

Tahun 2008 memang telah berlalu. Begitu banyak kejadian penting yang terjadi di tahun ini, termasuk juga di bidang arkeologi. Beberapa penemuan kepurbakalaan mewarnai tahun kabisat ini. Tercatat kurang lebih ada 10 peninggalan purbakala yang ditemukan di tahun ini. Menurut harian Kompas edisi Rabu, 21 Januari 2009, 10 penemuan itu berupa :

  1. Merida, Yucatan

Para ahli purbakala menemukan sebuah jalan kuil batu di goa bawah tanah yang dipercaya Mayan kuno sebagai pintu gerbang arwah orang mninggal memasuki alam lain.



  1. Perubahan iklim yang memusnahkan peradaban suku Maya
  2. Tulancingo, Meksiko

Piramida misterius. Patung-patung batu ditemukan di pusat Meksiko mengarah pada budaya yang belum diketahui sebelumnya.



  1. Kimbiri, Peru

Ditemukan sebuah kota kuno berupa reruntuhan benteng seluas 40.000 meter persegi yang diperkirakan merupakan kota yang hilang dari Paititi.



  1. Withshire, Inggris

Pemakaman berupa struktur batu. Monumen batu di bagian barat daya Inggris yang diperkirakan sudah ada sejak tahun 3.000 SM, dan digunakan sebagai makam.



  1. Cuzco, Peru

Tengkorak Inca. Diakukan kajian terhadap 411 tengkorak yang digali dari 11 makam di Inca, ibu kota Cuzco, Peru.



  1. Vergina, Yunani

Ditemukan benda-benda peninggalan Alexander Agung. Benda-benda tersebut antara lain helm, perisai, dan mahkota perak. Ditemukan di sebuah makam Yunani kuno yang diduga peninggalan Alexander Agung.



  1. Saqqara, Mesir

Penemuan piramid Mesir kuno. Ahi purbakala menemukan sebuah piramida yang terkubur di gurun pasir dan diperkirakan makam ibu dari Raja Mesir Faraoh yang berkuasa lebih dari 4.000 tahun lalu.



  1. Luxor, Mesir

Berupa makam pejuang. Sebuah ruang makam yang tidak lazim, berisi mumi yang diduga merupakan pejuang kuno.



  1. Giza, Mesir

Ruang tersembunyi di piramida besar. Sebuah ruangan yang terkunci di dalam piramida Mesir. Diperkirakan bangunan tersebut dikonstruksikan terbalik dan untuk memasukinya harus melaui terowongan spiral.



(Sumber : Kompas edisi Rabu, 21 Januari 2009, dengan sedikit penambahan)

0 komentar:

Posting Komentar